Senin, 14 Mei 2012

Wanita Perkasa

Siang tadi aku ke kantor kecamatan untuk menemui PPAT, tahu nggak kalau itu singkatan dari Pejabat Pembuat Akta Tanah, untuk mengambil dokumen yang sedang kuurus. Sambil menunggu petugasnya selesai dari tugasnya melayani para pembuat e-KTP, aku berkeliaran di halaman kecamatan yang cukup luas.
Ada satu papan di antara banyak papan bertulisan yang membuatku tertarik dan berpikir. Judulnya adalah Panca Darma Wanita. Isinya kalau aku nggak salah ingat  adalah wanita sebagai pendamping suami, wanita sebagai penerus generasi, wanita sebagai pendidik anak, wanita sebagai pencari nafkah tambahan dan satu lagi aku gagal mengingatnya.
Melihat tulisan tersebut aku jadi berpikir betapa besarnya tugas searang wanita. padahal sering kita dengar tentang betapa lemahnya wanita itu. Di satu sisi kita juga jarang atau hampir tidak pernah mendengar tentang peran panca, nggak cuma ganda, dari sosok pria.
Apa peran pria dalam membina kehidupan bersama dengan wanita jika peran yang lain sudah diborong oleh wanita. Pendamping istri? Bagaimana peran  yang dijalankan oleh seorang pria dalam mendampingi istri? Wanita menjalankan peran pendampingannya bagi suami di masyarakat kita berar
 ti melayani segala kebutuhannya bahkan keluarganya
Sebagai penerus generasi mungkin artinya adalah karena dia yang melehirkan anak-anaknya.. Dan hal itu bisa terjadi dengan andil suaminya.
Sebagai pendidik anak, tugas itu akan berhasil jika suami dan istri memiliki visi dsn misi yang sama dan saling bahu membahu dalam mewujudkannya.
Sebagai pencari nafkah tambahan bisa dilakukan jika suami mengijinkan dan tidak mengganggu tugas utamanya di lingkungan domestik. sayang yang satu lagiaku lupa.
Walhasil, mencermati hal itu aku pikir pada intinya memang kerjasama suami dan istri yang kompaklah yang akan mewujudkan keberhasilan. Suami sukses kalau sang istri mendukung sepenuh hati demikian juga sebaliknya.
Yamg perlu dicermati adalah kodrati masing-masing yang telah ditentukan agar diterapkan sesuai pada bidangnya. Mungkin ada sedikit variasi bagi tiap individu, tapi secara umum sifat kodratnya sudah umum diketahui.
Dengan menjalankan fungsi atau peran masing-masing sesuai kodratnya maka akan lebih mudah bagi individu untuk mendapatkan kebahagiaan bagi dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar